Selasa, 04 Januari 2011

Tips Dasar Dalam Memulai Ngeblog Di Blogger

Tips Dasar Dalam Memulai Ngeblog Di Blogger. Tips blogging mungkin saja sudah banyak diulas oleh para blogger master yang lain. Namun untuk sesama newbie sepertinya kita juga nggak boleh kalah untuk bisa membuat orang lain menghormati kita. Hal ini tentu saja juga harus kita lakukan untuk memaksimalkan situs atau blog kita di hasil pencarian nantinya. Ingatlah bahwa nggak hanya blogger master saja yang bisa merajai mesin cari di hasil pencarian. Namun kita para newbie pun juga bisa mendapatkan tempat sesuai dengan apa yang kita perjuangkan. Hal ini adalah mutlak jika kita berpikir jernih dan mau untuk berusaha.

Di dalam membuat situs atau blog. Kita nggak boleh asal - asalan dalam mengerjakannya. Karena ini nanti juga menentukan keberhasilan kita di dunia maya termasuk dalam kategori blogging. Jika diibaratkan maka kita bisa mengambil contoh membuat sebuah toko di dunia nyata. Kita nggak mungkin membuat tempat atau toko tersebut sembarangan. Seperti halnya asal tempat jadi tanpa ada hiasan, penempatan barang yang tidak sesuai serta tempat yang kurang strategis untuk berjualan.

Hal ini juga bisa kita aplikasikan di dalam membuat situs. Meski pun blog yang kita pakai adalah gratisan sebagai contoh adalah blogger. Namun semua itu nggak jadi alasan di dalam kita menghias atau memodifikasi situs atau blog tersebut agar dapat menarik perhatian pengunjung atau pun pembeli. Kita juga harus berusaha membuat pengunjung tersebut suka akan situs kita bagaimana pun cara yang kita pakai.

Untuk kategori blog di blogger sendiri. Seperti blog yang sekarang ini Anda baca. Anda dapat berusaha memodifikasinya agar tampak real dan hidup seperti para pengunjung yang senantiasa mendatangi toko dengan barang baru dan fresh.

Dalam kategori blogging. Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah semua hal dasar dalam blog tersebut serta kemungkinannya ditemukan oleh mesin cari. Ibarat toko dalam dunia nyata. Maka kita harus memperhatikan tempat kita strategis atau tidak untuk berjualan. Kita nggak mungkin akan membuat toko di tengah sawah atau mungkin di tengah hutan yang tidak ada pengunjungnya. Kecuali para hewan.

Untuk situs sendiri, kita harus memikirkan nama yang strategis untuk mesin cari dan juga untuk pengunjung kita. Agar mudah ditemukan pengunjung di dunia maya. Maka hal pertama yang harus kita perhatikan adalah situs kita juga harus mudah ditemukan oleh mesin cari. Kenapa masih cari? Jika orang di dunia nyata memanfaatkan iklan serta tv untuk mencari informasi mengenai barang yang dia inginkan. Maka di dunia maya hal yang bisa menjadi suatu jembatan antara pengunjung dan situs kita adalah mesin cari.

Hal dasar dalam membuat mesin cari menyukai situs kita adalah dengan membuat peta situs kita mudah ditemukan oleh mesin cari. Namun jika hanya menggunakan peta situs saja. Maka blog kita tetap akan ketinggalan. Maka dari itu agar peta situs atau biasa disebut sebagai sitemap situs kita selalu diambil oleh mesin cari. Maka kita harus senantiasa update artikel kita agar situs juga senang melihat perubahan di situs kita. Dalam hal ini maka kamu diharuskan membuat artikel secara bertahap dan terus ditambah.

Kedua adalah dengan memberikan petunjuk arah untuk pengunjung dan mesin cari. Hal ini bisa kamu lakukan di blogger atau blogspot dengan menggunakan fasilitas hack blogger dengan memasang link breadcrumbs. Fasilitas ini akan membuat mesin cari dan juga pengunjung bisa tahu persis dimana letak artikel kita tersebut. Dengan kemungkinan ini maka mesin cari atau pun pengunjung akan mudah untuk menemukan artikel tadi di suatu hari nanti.

Ketiga dengan mempertimbangkan semua demi pengunjung. Maka kita diharuskan juga untuk memberikan yang terbaik untuk pengunjung kita. Dengan memiliki banyak artikel maka pengunjung juga semakin betah dalam menelusuri isi dari blog kita. Dalam hal ini selain sitemap serta kategori kita buat semudah mungkin untuk memudahkan pengguna. Kita juga bisa mengakali hal tersebut dengan memberikan fasilitas related artikel di setiap postingan kita. Entah dengan linkback atau pun related artikel di bawah postingan. Hal ini dapat kita cari di Google dengan mudah.

Hal ke empat adalah dengan memberikan huruf sesuai heading yang disukai oleh mesin cari. Jika Anda memperhatikan setiap situs yang ada. Mereka selalu memakai jenis huruf heading 1 di dalam nama atau judul artikel mereka. Karena memang ukuran tersebut sangat menunjang penemuan judul artikel kita di mesin cari. Hal ini juga bisa Anda cari di Google dengan mudah.

Langkah terakhir dan paling penting adalah perhatikan juga nama domain anda. Untuk di blogger atau blogspot kita memang nggak mendapatkan nama domain yang tepat. Karena kita hanya bisa memakai sub domain gratisan dari blogger. Tapi nggak usah khawatir, jika Anda merasa situs Anda siap bersaing di dunia maya. Maka Anda pun bisa membuat domain sendiri dengan tetap bertahan di blogger. Fasilitas ini akan membuat situs atau blog Anda mendapatkan tempat yang layak sesuai dengan apa yang sudah Anda perjuangkan.

Semoga tips dasar dalam memulai ngeblog di blogger ini dapat membantu Anda meski pun nggak seberapa. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar